BROADCASTING

Membangun Stasiun Radio Internet
Bagi anda yang berscita-cita punya stasiun radio broadcasting tapi tak punya duit atau punya cita-cita jadi penyiar tapi nggak kesampaian, tidak usah khawatir karena dengan koneksi internet anda bisa membangun sendiri stasiun radio internet yang dapat dipancarkan ke seluruh dunia.
Ingin membangunnya? Silahkan ikuti prosedur berikut ini!
Untuk membangun radio internet anda dapat mengikuti 9 langkah berikut ini yang merupakan saran dari Mas Romi Satria Wahono dan telah saya coba dengan hasil sangat memuaskan:
1. Download software yang diperlukan:
• Shoutcast Server
• Winamp
• Shoutcast DSP Plugin
2. Install dan jalankan Shoutcast Server di komputer yang ingin kita jadikan server. Untuk instalasi di Linux cukup ekstrak file “shoutcast-1-9-5-linux- glibc6.tar.tar” dan jalankan file “sc_serv”. Tidak perlu menjadi root untuk menjalankannya.
3. Install Winamp dan Shoutcast DSP Plugin di komputer tempat kita akan mengalirkan content radio (mp3 music, dsb) ke Shoutcast Server.
4. Jalankan Winamp, kemudian klik kanan dan pilih “Options” -> “Preferences”.
5. Klik DSP/Effect di bagian Plug-ins dan pilih Nullsoft SHOUTcast Source DSP. Kemudian akan muncul satu window SHOUTcast Source dengan menu “Main”, “Output”, “Encoder”, “Input”.
6. Pilih “Output” dan klik “Connect” untuk konek ke Shoutcast server, sebelumnya perlu diperhatikan beberapa hal di bawah:
• Cek “Address” apakah sudah sesuai dengan server anda. Pilih “localhost” apabila anda install server di tempat anda menginstall Winamp dan DSP Plugin.
• Password default adalah “Changeme” (tanpa tanda kutip). Anda dapat mengubah setting password ini di “sc_serv.ini” atau “sc_serv.conf” yang terletak satu direktori dengan Shoutcast Server. (C:\Program Files\SHOUTcast\ untuk versi Windows)
7. Sekarang tinggal alirkan saja content (music, sound, dsb) ke Shoutcast Server. Caranya mudah, letakkan file mp3 di Winamp dan tekan tanda play, maka music anda akan terbroadcast ke seluruh dunia maya.
8. Cek dengan menjalankan Winamp dari komputer lain dan klik kanan pilih “Play” -> “URL” dan masukkan http://serveranda:8000. Ganti “serveranda” dengan nama domain atau IP address dimana Shoutcast server diinstal dan dijalankan.
9. Pertanyaan lain yang muncul, bagaimana kalau kita ingin mengalirkan suara kita secara live? Siapkan microphone dan masukkan kabel microphone ke soundcard PC anda. Kemudian kembali ke Winamp anda, pada SHOUTcast source, pilih “Input”, kemudian ubah “Input device” dari “Winamp (recommended)” ke “Soundcard Input”. Lalu siapkan microphone di depan mulut anda, dan ucapkan “Selamat datang di Radio Internet saya yang tercinta ini”.
Anda sudah memiliki Radio Internet sendiri sekarang. Sebagai informasi tambahan, untuk membangun Radio Internet kita juga bisa menggunakan software lain selain Shoutcast, diantaranya adalah: Unreal Media Server, SAM2 Broadcaster, Pirate Radio, Peercast, Icecast, Andromeda, dsb. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan Shoutcast, jadi bekal anda dengan 9 tahapan diatas sudah cukup untuk membuat anda mahir membangun sendiri Radio Internet.
Sumber: muchlass.ee.uad.ac.id

kebijakan publik yang kian langka untuk kepentingan publik
ini adalah kompilasi tulisan tentang/untuk publik, terima kasih atas komentar Anda untuk perbaikan
Feed on Posts Comments
Archive for the ‘broadcasting’ Category
PP 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan

Posted in broadcasting, economy, institutionalism, otonomi daerah, planning, public policy on Agt 1st, 2007 No Comments »

Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007
PEMBAGIAN URUSAN PEMERINTAHAN ANTARA PEMERINTAH, PEMERINTAHAN DAERAH PROVINSI, DAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA
Untuk mendapatkan file Peraturan Pemerintah, Penjelasan, dan Lampiran (PENTING MEMBACA LAMPIRAN SEPENUHNYA!) , kita harus mengunjungi situs resmi dari Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia. Langkah-langkahnya:
1. Silakan klik http://www.depdagri.go.id
2. Lihat kolom sebelah kiri, dan klik “Produk Hukum“
3. Pilih dalam kotak […]
http://ameliaday.wordpress.com/category/broadcasting/

Television Broadcast Standard

Lihat istilah tersebut pada istilah lain | Artikel | Buku
Kamus Terkait

Istilah Arti Keterangan
broadcast siar; siaran Edit
standard standar Edit
standard Standar, patokan, norma, ukuran. Berlaku secara umum. Edit
television televisi Edit

Penjabaran

Arti istilah Television Broadcast Standard dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut

Disingkat dengan TBS. Terdapat tiga standar utama dalam pengiriman sinyal analog televisi secara broadcast. Pertama adalah National Television Standards Committee (NTSC), yang merupakan standar broadcast di Canada, Jepang, dan Amerika. NTSC membagi 525 baris per frame, dan sebanyak 30 frame per detik. Baris disini dihitung dari atas sampai ke bawah. Frame per detik adalah jumlah gambar utuh yang ditayangkan dalam satu detik. Standar kedua adalah PAL (Phase Alternation Line), yang merupakan standar di Eropa, Timur Tengah, sebagian Afrika, dan bagian Amerika bagian selatan. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu detik. Ketiga adalah SECAM, yang merupakan standat broadcast di Perancis, Rusia, dan sebagian wilayah Afrika. SECAM ini jenis lain dari PAL, tetapi mempunyai jumlah baris dan jumlah yang ditampilkan dalam satu detik sama dengan PAL.
http://ameliaday.wordpress.com/category/broadcasting/

FOR BROADCASTING DEVELOPMENT BESERTA PERUBAHANNYA

Oleh: PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

Nomor: 32 TAHUN 1989 (32/1989)

Tanggal: 28 JUNI 1989 (JAKARTA)

Kembali ke Daftar Isi

Tentang: PENGESAHAN AGREEMENT ESTABLISHING THE ASIA-PASIFIC INSTITUTE FOR BROADCASTING DEVELOPMENT BESERTA PERUBAHANNYA

Asia Pasific.

Presiden Republik Indonesia,

Menimbang:

a. bahwa kerjasama internasional di bidang sistem penyiaran radio dan televisi akan meningkatkan kemampuan sistem penyiaran radio dan televisi nasional yang berfungsi menyebarluaskan informasi, memajukan pendidikan dan memotivasi perubahan sosial;

b. bahwa di Kuala Lumpur, Malaysia, pada tanggal 12 Agustus 1977 telah diterima Agreement Establishing the Asia-Pacific Institute for Broad- casting Development sebagai hasil The Intergovernmental Meeting on the Asia-Pacific Institute for Broadcasting Development, yang bertujuan membantu meningkatkan kemampuan sistem penyiaran radio dan televisi di bidang pendidikan dan pengembangan bagi negaranegara di kawasan Asia-Pasifik;

c. bahwa pada tanggal 12 Agustus 1978 Pemerintah Republik Indonesia telah menandatangani Agreement tersebut;

d. bahwa Agreement tersebut pada tanggal 11 September 1986 sudah diubah sesuai dengan keputusan sidang ke-11 the Governing Council di New Delhi, India, dan Pemerintah Republik Indonesia menyetujui perubahan tersebut;

e. bahwa sehubungan dengan itu, dan sesuai dengan Amanat Presiden Republik Indonesia kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nomor 2826/ HK/1960 tanggal 22 Agustus 1960, dipandang perlu untuk mengesahkan Agreement beserta perubahannya tersebut dengan Keputusan Presiden;
http://www.webiklan.com/peralatan-broadcast–studio,84159.htm

TV Broadcasting

Multimedia Broadcast berhubungan dengan media televisi yang terdiri dari perpaduan antara multimedia aplikasi komputer dengan alat-alat yang bernuansa broadcasting. Di Indonesia banyak hadir televisi swasta yang telah memunculkan program-program acara yang cukup menarik untuk dinikmati. Dari mulai acara News, Sinetron, Film laga, Komedi, Hingga berbagai macam tayangan kuis yang kesemuanya itu menggunakan alat broadcast televisi yang bagus untuk standar televisi.

Multimedia Broadcasting memadukan antara unsur pengambilan sebuah gambar dan permainan sebuah effect kamera yang terdapat pada setting menu serta jenis kamera dan sebuah effect software komputer yang dimainkan oleh seorang animator. Dari perpaduan kedua unsur tersebut dapat menghasilkan output tampilan yang sangat mengagumkan dan mempunyai nilai jual sangat tinggi di dunia broadcasting.
http://www.total.or.id/info.php?kk=broadcast

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: